D.
Karakteristik Media Tiga Dimensi
Karakteristik
dapat dilihat dari kemampuan membangkitkan rangsangan indra
penglihatan,pendengaran,perabaan percakapan,maupun penciuman atau kesesuainnya
dengan tingkat hirarki belajar, secara umum karakteristik media tiga adalah
sebagai berikut :
1) Pesan yang sama dapat disebarkan
keseluruh siswa secara serentak.
2) Penyajiannya berada dalam kontrol guru.
3) Cara penyimpannya mudah(praktis).
4) Dapat mengatasi keterbatasan
ruamg,waktu, dan indera.
5) Menyajikan objek-objek secara diam.
6) Terkadang dalam penyajiannya memerlukan
ruangan gelap.
7) Lebih mahal dari kelompok grafis.
8) Sesuai untuk mengajarkan ketrampilan
tertentu.
9) Sesuai untuk belajar secara berkelompok
atau individu.
10) Praktis digunakan untuk semua ukuran
ruang kelas.
11) Mampu menyajikan teori dan praktik
secara terpadu.
E.
Kelebihan dan Kekurangan Media Tiga Dimensi
Menurut Moedjiono
(1992) kelebihan dari media visual tiga
dimensi:
1)
Memberikan
pengalaman secara langsung.
2)
Penyajian
secara konkrit dan menghindari verbalisme.
3)
Dapat
menunjukkan objek secara utuh baik konstruksi maupun cara kerjanya.
4)
Dapat
memperlihatkan struktur organisasi secara jelas.
5)
Dapat
menunjukkan alur suatu proses secara jelas.
Kelemahan
media tiga dimensi :
1) Tidak dapat menjangkau sasaran dalam
jumlah.
2) Penyimpannay memerlukan ruang yang besar
dan perawatan yang rumit.
3) Untuk membuat alat peraga ini
membutuhkan biaya besar.
4) Anak tuna netra sulit membandingkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar